PENINGKATAN DISPOSISI MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VII G SMP N 1 MIRIT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Permanang Adiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan disposisi matematis siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Mirit melalui penerapan pembelajaran dengan metode pembelajaran problem posing, 2) peningkatan pemahaman konsep siswa kelas VII G SMP Negeri 1 mirit  melalui penerapan pembelajaran dengan metode pembelajaran problem posing.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Mirit tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran problem posing. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peningkatan disposisi matematis dan pemahaman konsep siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 5 metode, yaitu observasi, tes, wawancara tidak terstruktur, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan disposisi matematis pada siklus I yaitu siswa mulai percaya diri untuk menanggapi pendapat siswa lain maupun bertanya akan hal yang belum dipahami, beberapa siswa dapat menyelesaikan soal menggunakan berbagai alternatif jawaban, siswa tidak ramai sendiri ketika pembelajaran berlangsung, mampu membuat ringkasan materi dan mengerjakan tugas rumah kemudian meningkat pada siklus II yaitu hampir semua siswa berani bertanya akan hal yang belum dipahami maupun menyanggah pendapat lain, tidak ramai sendiri ketika pembelajaran berlangsung, mampu membuat ringkasan materi dan mengerjakan tugas rumah. Hasil dalam persentase menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode problem posing dapat meningkatkan disposisi matematis yakni di siklus I 54,3% dan pada siklus II 88,41%. Sedangkan untuk pemahaman konsep pada siklus I sebesar 73,94% meningkat pada siklus II yaitu 84,88%.

 

Kata kunci: disposisi matematis, pemahaman konsep, metode problem posing


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.