HUBUNGAN KONSEP DIRI, KEMAMPUAN NUMERIK DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara (1) konsep diri terhadap kemampuan numerik, (2) konsep diri terhadap prestasi belajar matematika dan (3) kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Kemiri sebanyak 450 orang dengan sampel sebanyak 112 orang. Pengambilan sampel dengan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes. Dari pengolahan data tiap variabel diperoleh koefisien korelasi antara konsep diri terhadap kemampuan numerik sebesar 0,19 dengan taraf signifikan 2,07; konsep diri terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 0,12 dengan taraf signifikan 1,22; dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,19 dengan taraf signifikan 2,06. Harga ttabel = 1,98, dikatakan signifikan apabila thitung ttabel . Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara konsep diri terhadap kemampuan numerik; ada hubungan yang tidak signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar matematika; dan ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika.
Kata kunci: konsep diri, kemampuan numerik, prestasi belajar matematikaFull Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.