PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KECAKAPAN SISWA KELAS VII B SMP N 1 AMBAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kecakapan siswa dengan penerapan model pembelajaran cooperative script pada siswa kelas VII B SMP N 1 Ambal. Teknik pengumpulan data menggunakan 4 metode, yaitu observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari lembar observasi secara kuantitatif menunjukan bahwa rata-rata kelas VII B di siklus I sebesar 60,05% meningkat pada siklus II menjadi 77,53%. Persentase yang diperoleh pada siklus I dikarenakan siswa masih kurang efektif dalam berdiskusi dan malu saat mengerjakan di depan kelas dan ketika siklus II meningkat dikarenakan banyak siswa lebih efektif dalam berdiskusi dan mulai berani dalam mengerjakan soal di depan kelas. Sedangkan hasil penelitian kuantitatif dilihat dari lembar tes soal menunjukan bahwa rata-rata kelas VII B SMP N 1 Ambal di siklus I sebesar 61,50% meningkat pada siklus II menjadi 82,30%. Siklus I pekerjaan siswa masih kurang baik kemudian meningkat pada siklus II pekerjaan siswa lebih baik.
Kata kunci: model pembelajaran cooperative script, kemampuan kecakapan siswa (academic
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3337
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.