ANALISIS PENALARAN PROPORSIONAL BERDASARKAN TINGKAT DISPOSISI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Eva Putri Nur Aenni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level penalaran proporsional berdasarkan tingkat disposisi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa, yaitu 2 siswa memiliki tingkat disposisi matematika rendah, 2 siswa memiliki tingkat matematika sedang dan 2 siswa memiliki tingkat disposisi matematika tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes dan pedoman wawancara. Teknik analisa data yaitu data re­­duction, data display, dan conclu­sion drawing/ verification.. Hasil penelitian dari analisis data terhadap tes tulis dan wawancara, menunjukkan hasil, yaitu: 1) subjek tingkat disposisi matematika rendahberada pada level penalaran kualitatif, 2) subjek tingkat disposisi matematika sedang berada pada level penalaran pra-multiplikatif, 3) subjek tingkat disposisi matematika tinggi cenderung berada pada level penalaran multiplikatif implisit.

 

Kata kunci: penalaran proporsional, disposisi matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.