PENERAPAN KOMBINASI THINK PAIR SHARE DAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KERJASAMA

Ria Susana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kerjasama belajar siswa. Jenis penelitian adalah PTK. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data menggunakan kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan partisipasi belajar yang ditunjukkan pada siklus I belum semua siswa mencoba untuk memecahkan soal, pada siklus II sebagian besar siswa sudah mencoba untuk memecahkan soal. Perolehan lembar observasi dari rata-rata 70,98% pada siklus I menjadi 79,02% pada siklus II. Terdapat peningkatan kerjasama belajar yang ditunjukkan dengan lembar observasi kerjasama yaitu pada siklus I masih banyak siswa yang belum menemukan jawaban dengan kesepakatan bersama, pada siklus II sebagian besar siswa sudah menemukan jawaban dengan kesepakatan bersama dengan perolehan lembar observasi dari 63,62% pada siklus I menjadi 78,79%  pada siklus II. Hasil tes pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dari rata-rata 57,91 dengan ketuntasan klasikal 43,75% menjadi 77,53 dengan ketuntasan klasikal 78,13%.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.