PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Evie Rakhmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII E SMP Negeri 1 Pejagoan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus masing-masing 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Setiap siklus terdiri 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu analisis data kuantitatif dengan mencari nilai rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika setelah mengikuti pembelajaran dengan model TPS hasil belajar matematika pada siklus I yaitu ranah kognitif pada siklus I mencapai persentase ketuntasan belajar 62,5% meningkat menjadi 84,375 pada siklus II. Ranah afektif pada siklus I mencapai persensate ketuntasan yaitu 53,125% meningkat menjadi 84,375% pada siklus II. Ranah psikomotor pada siklus I mencapai persensate ketuntasan yaitu 50% meningkat menjadi 78,125% pada siklus.

 

Kata kunci: hasil belajar matematika, Think Pair Share


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.