STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN CIRCUIT LEARNING DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Yuli Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika dengan strategi pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada dengan strategi pembelajaran Circuit Learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Populasi ini adalah siswa kelas VII A-F SMP Negeri 12 Purworejo yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapat 2 kelas eksperimen yaitu kelas VII B dan VII A. Metode pengumpulan yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal uraian tes pemahaman konsep yang berjumlah 6 soal. Soal yang digunakan adalah soal yang telah diujicobakan serta telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Uji prasyarat terdiri uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan diperoleh n = 3.709 dengan = 0.05 dan = 1.671. Hal ini menunjukkan >. Oleh karena itu,  DK sehingga H0 ditolak, yang mengakibatkan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika dengan strategi pembelajaran Mind Mapping lebih baik daripada dengan strategi pembelajaran Circuit Learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Purworejo 2016/2017.

 

Kata kunci: Mind Mapping, Circuit Learning, pemahaman konsep matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.