PENINGKATAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING KELAS VIII-B

Ani Puspita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-B SMP Negeri 9 Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing. Merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan penemuan terbimbing dapat meningkatan: (1) kemampuan penalaran matematis siswa yaitu siswa dapat menarik kesimpulan dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Dari hasil tes diperoleh rerata presentase pada siklus I sebesar 73,37% meningkat menjadi 87,43% pada siklus II. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu siswa dapat menyelesaikan masalah dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Dari hasil tes diperoleh rerata presentase pada siklus I sebesar 70,21% meningkat menjadi 82,03% pada siklus II.

Kata kunci: penalaran matematis, pemecahan masalah matematis, penemuan terbimbing

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.