ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis penelitian kesalahan yang dilakukan siswa, besarnya persentase setiap jenis kesalahan dan rerata kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen survei. Populasi pada penelitianĀ ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII F yang berjumlah 48 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal lingkaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada pokok bahasan lingkaran yaitu (1) rerata persentase pada tes 1 kesalahan konsep sebesar 53,93% dan kesalahan hitung sebesar 11,29%. (2) rerata persentase pada tes 2 kesalahan konsep sebesar 48,37% dan kesalahan hitung sebesar 10,32%.
Kata kunci: analisis kesalahan, lingkaran, konsep, hitung
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3327
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.idĀ , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.