HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN ADIMULYO TAHUN AJARAN 2015/2016

Wahyu Tri Haryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara: perhatian orang tua, kecerdasan emosional, dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Ke­camatan Adimulyo sebanyak 438 siswa dengan sampel sebanyak 110 siswa. Pe­­ngambilan sampel menggunakan teknik proportionate  random  sampling. Teknik pe­­ngam­bilan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Dari pengolahan data diperoleh koefisien korelasi 1 prediktor berturut-turut sebesar: 0,32; 0,25; 0,28 dan thitung berturut-turut sebesar: 3,53; 2,73; dan 3,03. Koefisien korelasi 2 prediktor berturut-turut sebesar: 0,38; 0,28; dan 0,32 dan Fhitung berturut-turut sebesar: 8,90; 4,46; dan 6,20. Pengujian hipotesis menghasilkan thitung >ttabel, Fhitung >Ftabel maka Ho ditolak. Kemudian koefisien korelasi 3 prediktor diperoleh 0,16 dan Fhitung sebesar 1,07. Pengujian hipotesis menghasilkan Fhitung <Ftabel maka Ho diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah orang tua harus memper-hatikan pendidikan anaknya, seorang siswa harus mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi, dan seorang siswa harus mempunyai konsep diri yang baik agar prestasi belajar yang baik dapat dicapai.

 

Kata kunci: perhatian orang tua, kecerdasan emosional, konsep diri, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.