HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN ADIMULYO TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara: perhatian orang tua, kecerdasan emosional, dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Adimulyo sebanyak 438 siswa dengan sampel sebanyak 110 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Dari pengolahan data diperoleh koefisien korelasi 1 prediktor berturut-turut sebesar: 0,32; 0,25; 0,28 dan thitung berturut-turut sebesar: 3,53; 2,73; dan 3,03. Koefisien korelasi 2 prediktor berturut-turut sebesar: 0,38; 0,28; dan 0,32 dan Fhitung berturut-turut sebesar: 8,90; 4,46; dan 6,20. Pengujian hipotesis menghasilkan thitung >ttabel, Fhitung >Ftabel maka Ho ditolak. Kemudian koefisien korelasi 3 prediktor diperoleh 0,16 dan Fhitung sebesar 1,07. Pengujian hipotesis menghasilkan Fhitung <Ftabel maka Ho diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah orang tua harus memper-hatikan pendidikan anaknya, seorang siswa harus mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi, dan seorang siswa harus mempunyai konsep diri yang baik agar prestasi belajar yang baik dapat dicapai.
Kata kunci: perhatian orang tua, kecerdasan emosional, konsep diri, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.