KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MTs DI KECAMATAN KLIRONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Mulat Setyaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan rerata prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar pada siswa kelas VIII MTs di Kecamatan Klirong.Sam­pel dalam penelitian ini 81 siswa dengan menggunakan teknik Propotionate Ran­dom Sampling.Teknik pe­­ngam­bilan da­ta yang diguna­kan adalah me­to­de angket dan tes. Data analisis menggunakan uji t dan analisis variansi.Ke­simpulan da­lam penelitian ini: (1)rerata prestasi belajar matematika siswa dengan motivasi tinggi lebih dari 75. (2) rerata prestasi belajar matematika siswa dengan motivasi sedang antara 65 sampai dengan 75. (3) rerata prestasi belajar matematika siswa dengan motivasi rendah kurang dari 65. (4) terdapat perbedaan rerata prestasi belajar berdasarkan tingkat motivasi siswa.

 

Kata kunci: motivasi belajar, prestasi be­l­a­jar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.