DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL UNAS MATEMATIKA SD KAITANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SMP/MTs DI KECAMATAN SADANG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kausal disiplin belajar, lingkungan keluarga, kemampuan menyelesaikan soal UNAS matematika SD terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP/MTs di Kecamatan sadang.Sampel dalam penelitian ini 73 siswa dengan menggunakan teknik Propotionate Random Sampling.Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Semua data dianalis secara kuantitatif menggunakan analisis jalur. Hasil analisis korelasi diperoleh sebagai berikut: terdapat hubungan yang kausal antara(1) lingkungan keluarga dengan disiplin belajar sebesar 0,38 (2) disiplin belajar dengan kemampuan menyelesaikan soal UNAS matematika SD sebesar 0,39 (3) disiplin belajar belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,52 (4) lingkungan keluarga dengan kemampuan menyelesaikan soal UNAS matematika SD sebesar 0,36 (5) lingkungan keluarga dengan prestasi belajar sebesar 0,43(6) kemampuan menyelesaikan soal UNAS matematika SD dengan prestasi sebesar 0,36 (7) p12 = 0,38; p31 = 0,30; p41 = 0,35; p32 = 0,25; p42 = 0,27; dan p43 = 0,17. (8) model diagram dalam penelitian ini tidak ada yang berubah atau dihilangkan karena telah didukung data yang relevan.
Kata kunci: disiplin belajar, lingkungan keluarga, UNAS, Matematika SD, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3321
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.