DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL UNAS MATEMATIKA SD KAITANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SMP/MTs DI KECAMATAN SADANG

Riyah Wildanti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kausal disiplin belajar, lingkung­an keluarga, kemampuan menyelesaikan soal UNAS matematika SD terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP/MTs di Kecamatan sadang.Sam­pel dalam pene­litian ini 73 siswa dengan menggunakan teknik Propotionate Ran­dom Sam­pling.Teknik pe­­­ngam­bilan da­ta yang digunakan adalah me­to­de angket dan tes. Semua data dianalis secara kuantitatif menggunakan ana­lisis jalur. Hasil analisis korelasi diperoleh sebagai berikut: terdapat hu­bu­­ngan yang kausal an­tara(1) lingkungan keluarga dengan di­siplin belajar sebesar 0,38 (2) disiplin belajar dengan ke­mam­­puan menyelesaikan soal UNAS matematika SD sebesar 0,39 (3) disiplin belajar belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,52 (4) lingkungan keluarga de­ngan kemampuan menyelesaikan soal UNAS matematika SD sebesar 0,36 (5) lingkungan keluarga dengan prestasi belajar se­besar 0,43(6) kemampuan menyelesaikan soal UNAS matematika SD de­ngan prestasi se­besar 0,36 (7) p12 = 0,38; p31 = 0,30; p41 = 0,35; p32 = 0,25; p42 = 0,27; dan p43 = 0,17. (8) model di­­agram dalam penelitian ini tidak ada yang berubah atau dihi­langkan karena telah di­dukung da­ta yang relevan.

Kata kunci: disiplin belajar, lingkungan keluarga, UNAS, Matematika SD, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.