PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP

Dhiyani Imawati Farida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangkan media pembelajaran komik berbasis etnomatematika dan (2) mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan komik berbasis etnomatematika yang akan dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas IX semester ganjil SMP Negeri 2 Kutowinangun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media, materi, budaya, dan lembar respon peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh rerata skor dari validator media sebesar 3,91, oleh validator materi sebesar 2,92, dan validator budaya sebesar 3,50. Validator media dan budaya juga menyatakan bahwa media komik berbasis etnomatematika dapat digunakan tanpa revisi, sedangkan validator materi menyatakan bahwa media komik berbasis etnomatematika dapat digunakan dengan sedikit revisi sesuai saran perbaikan. Media komik berbasis etnomatematika mendapat respon sangat positif dengan rerata persentase sebesar 92,59%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media komik berbasis etnomatematika yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik kelas VIII SMP.

 

Kata kunci: komik, etnomatematika, media pembelajaran


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i3.3226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.