PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL TGT MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA KELAS VII

Dhody Sukma Sanjaya

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika  melalui model TGT dengan menggunakan alat peraga pada siswa kelas VII dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika. Metode yang digunakan metode angket, metode observasi serta metode tes. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk diagram, diagram digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Penerapan model pembelajaran tipe TGT pada indikator motivasi belajar siswa dilihat dari hasil lembar observasi mengalami kenaikan yang mulanya 61,29% pada siklus I menjadi 77,42% pada siklus II. (2) hasil angket motivasi belajar siswa yang mulanya 67,74% pada siklus I menjadi 80,65% pada siklus II. (3) Prestasi belajar meningkat dari siklus I rata-rata 65,46 dan ketuntasan klasikal 58,06% dan pada siklus II rata-rata menjadi 71,56 dengan persentase ketuntasan klasikal 77,42%.

 

Kata kunci: motivasi,prestasi, TGT( Team Game Tournament).


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i3.3222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.