STUDI PERBANDINGAN STRATEGI PQ4R DENGAN SQ4R TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 ALIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran PQ4R lebih baik daripada menggunakan strategi pembelajaran SQ4R dilihat dari hasil prestasi belajar matematika siswa pada materi aritmatika. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar dan kualitas pembelajaran matematika. Populasi penelitian yaitu kelas VII SMPN 2 Alian. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes prestasi belajar dan dokumentasi. Instrumen penelitian telah diujicobakan dan sudah memenuhi validitas dan reliabilitas. Analisis uji hipotesis akhir menggunakan uji-t dengan α = 0,05. Dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai sebesar 1,6707 dan nilai sebesar 2,3733. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar dengan digunakannya strategi pembelajaran PQ4R lebih baik daripada dengan digunakannya strategi pembelajaran SQ4R pada materi aritmatika kelas VII SMPN 2 Alian tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: PQ4R, SQ4R, prestasi belajar, aritmatika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i3.3221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.