PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 22 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 22 Purworejo melalui metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMP N 22 Purworejo dengan sasaran penelitian siswa kelas VIII D sejumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 56,45% yang ditandai dengan siswa masih malu untuk maju ke depan kelas menjawab pertanyaan dan siswa belum berani menanggapi jawaban dari siswa lain mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79,03% yang ditandai dengan siswa berani maju ke depan kelas untuk menjawab pertanyaan atas kemauan sendiri dan siswa juga berani bertanya jika ada materi yang belum dipahami. Prestasi belajar siswa juga meningkat, yaitu rerata nilai dari 68,71 pada siklus I menjadi 75,35 pada siklus II.
Kata kunci: keaktifan belajar, prestasi belajar, everyone is a teacher here
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i3.3218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.