PENERAPAN MODEL NHT KOMBINASI CTL PADA PENINGKATAN SIKAP DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII E MTsN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Putri Anggraini Setyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan sikap dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII E MTs Negeri Purworejo tahun ajaran 2015/2016 dengan penerapan model pembelajaran NHT kombinasi CTL. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket dan tes. Sedangkan analisis datanya secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT kombinasi CTL dapat meningkatkan sikap dan pemahaman konsep. Rata-rata skor sikap keseluruhan siswa siklus I yaitu 2,49 meningkat menjadi 2,90 dalam kategori baik. Siswa bukan hanya sekedar menyenangi matematika tetapi bersungguh-sungguh belajar dan mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu. Peningkatan pemahaman konsep dapat dilihat dari hasil tes dimana pada siklus II rata-rata persentase tes pemahaman konsep yaitu 69,44% dalam kategori sedang dan siklus II sebesar 77,59 % dalam kategori tinggi. Siswa dapat menyatakan ulang sebuah konsep dengan tepat dan mempresentasikan konsep tersebut ke dalam model, diagram maupun simbol. Siswa juga dapat menerapkan konsep secara algoritma.

 

Kata kunci: sikap, pemahaman konsep, NHT, CTL


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i2.3211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.