PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan tes prestasi belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gombong mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT. Hal ini ditunjukkan dengan persentase keaktifan belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 60,94% pada siklus I, menjadi 79.69% pada siklus II. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika siswa, siswa yang tuntas KKM mengalami peningkatan dari 34,38% pada pra siklus, menjadi 62,50% pada siklus I dan meningkat kembali 81,25% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model koopeatif tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gombong.
Kata kunci: keaktifan, prestasi belajar matematika, NHT
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i2.3209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.