PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DI KELAS X SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilakan lembar kerja siswa yang efektif digunakan oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yakni mengembangkan lembar kerja siswa matematika realistik berbasis pemecahan masalah di kelas X SMK Tamtama Karanganyar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X PM 2 tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Proses pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah penelitian model ADDIE yakni meliputi 5 tahapan: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Berdasarkan hasil analisis terhadap seluruh data yang diperoleh bahwa lembar kerja siswa efektif digunakan oleh siswa dalam pembelajaran. Pengembangan media lembar kerja siswa menggunakan model ADDIE dengan tingkat kevalidan sebesar 3,64 dan memenuhi kriteria valid, tingkat keprtaktisan media lembar kerja siswa sebesar 81,25% dan tingkat keefektifan media lembar kerja siswa dilihat dari hasil ulangan siswa rata-ratanya memenuhi KKM ≥75, sehingga LKS matematika realistik berbasis pemecahan masalah dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: LKS, matematika realistik, pemecahan masalah, keefektifan media
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i2.3206
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.