MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP SISWA KELAS VIII

Yanu Candra Admaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A SMP Barata Semagung Purworejo melalui pembelajaran berbantuan komputer dengan materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, metode observasi serta metode tes, sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar angket dan lembar soal tes yang telah diuji dan memenuhi syarat validitas. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Pada siklus I siswa belum mengerti konsep tentang bangun ruang sisi datar. Sedangkan pada siklus II siswa dapat memberikan asumsi tentang konsep bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menurut rerata dari lembar observasi dan angket sebesar 79,75%. Hasil prestasi belajar sebesar 80%. Hasil tersebut memenuhi indikator  keberhasilan yaitu 78% untuk kemampuan berpikir kritis dan 75% untuk kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan komputer dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, pembelajaran berbantuan komputer


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i2.3201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.