MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI GABUNGAN MODEL STAD DAN TGT

Defi Apriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII-A SMP N 9 Purworejo. Model yang digunakan adalah gabungan model pembelajaran STAD dan TGT. Subjek penelitian adalah siswa SMP N 9 Purworejo kelas VIII-A  yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus.Data dalam penelitian ini diperolah dari tes prestasi belajar siswa dan lembar observasi. Pada siklus I persentase  prestasi belajar siswa adalah 61,29% adn persentase keaktifan siswa adalah 54,84%. Perolehan persentase keaktifan dan prestasi belajar siswa tersebut belum mencapai indikator keberhasilan dan akan dilanjutkan siklus II. Untuk melanjutkan ke siklus II peneliti melaksanakan perbaikan dengan memberikan motivasi dan selalu berkeliling saat siswa sedang berdiskusi. Pada siklus II ini persentase prestasi belajar siswa dapat meningkat menjadi 77,54% dan persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 83,78%.

 

Kata kunci : STAD dan TGT, keaktifan, prestasi


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i1.3196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.