EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN GQGA DAN ICM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Titi Prabandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answers lebih baik dari model pembelajaran Index Card Match. (2) Apakah pembelajaran dengan model pembelajaran Giving Question and Getting Answers efektif digunakan terhadap siswa kelas VIII SMP N 1 Watumalang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes prestasi belajar siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji multivariat dan dilanjutkan uji univariat secara terpisah. Berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan: (1) kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaraan Giving Question and Getting Answer lebih baik dari kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Index Card Match. (2) pembelajaran dengan model pembelajaran Giving Question and Getting Answers efektif digunakan terhadap siswa kelas VIII SMP N 1 Watumalang.

Kata kunci: Giving Question and Getting Answer, Index Card Match, kemandirian belajar, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i1.3192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.