PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN REPRESENTASI MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TTW BERBANTUAN POCKET BOOK

Evi Listiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif, representasi matematis, dan prestasi belajar siswa kelas VII-E SMP Negeri 25 Purworejo menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW berbantuan pocket book.Merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan TTW dapat meningkatkan: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu siswa dapat mengungkapkan dan mengembangkan gagasan yang dimilikinya dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Dari hasil tes diperoleh rerata persentase pada siklus I sebesar 62,70%, meningkatpadasiklus II menjadi 76,95%. (2) Kemampuan representasi matematis siswa yaitu siswa mampu menggunakanrepresentasinyasendiridalammenyelesaikanpermasalahanmatematis. Dari hasil tes diperoleh rerata persentase pada siklus I sebesar 61,72%, meningkat menjadi 77,21% padasiklus II. (3) Prestasi belajar siswa yaitu rata-rata nilai siswa pada pra siklus adalah 48,75. Dari hasil tes pada siklus I diperoleh 65,25, meningkat menjadi 77,16 pada siklus II.

Kata kunci: berpikir kreatif, representasi matematis, prestasi belajar, TTW


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i1.3190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.