MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS VII C SMP N 32 PURWOREJO

Muhammad Faqihul Musyafa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman konsep, komunikasi matematis, dan prestasi belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran PR berbantuan kartu masalah pada siswa kelas VIII A SMP PGRI. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian secara kualitatif diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa yaitu siswa dapatpercaya diri, memiliki inisiatif belajar secara terus menerus, serta memilih dan menerapkan strategi belajar.. Didukung data kuantitatif dengan hasil kemandirian belajar siswa di siklus I sebesar 47% dan siklus II sebesar 72%. Selain itu, meningkatkan pemahaman konsep matematika yaitu siswa dapatmenyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu, memberi contoh dan non-contoh dari konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, siswa dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan langkah-langkah yang benar. Didukung data kuantitatif dengan hasil pemahaman konsep matematika di siklus I sebesar 66% dan siklus II meningkat menjadi 78%. Prestasi belajar matematika siswa pada pra siklus persentase ketuntasan klasikal sebesar 56%, siklus I meningkat menjadi 63%, dan di siklus II sebesar 78%.

 

Kata kunci: kemandirian belajar, pemahaman konsep, prestasi belajar, Mind Mapping

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.