PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN KEBUMEN

Destria Wijarani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) kemampuan membaca pemahaman tidak lebih kecil dari 75; (2) prestasi belajar matematika lebih kecil dari 75; (3) ada pengaruh positif dan signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi be­­la­­jar matematika. Penelitian ini termasuk penelitian berjenis ex-post facto karena variabel bebas dalam penelitian ini telah terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Kebumen sebanyak 735 orang dengan sampel sebanyak 238 orang. Pe­ngambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rerata nilai kemampuan membaca pemahaman lebih kecil dari 75 dengan ; (2) rerata nilai prestasi belajar matematika lebih kecil dari 75 dengan ; (3) ada pengaruh positif dan signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar ma- tematika dimana rxy = 0,59 dan  = 11,12 dengan determinasi sebesar 34,40%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan membaca pemahaman, maka akan semakin tinggi juga prestasi belajar matematika.

Kata kunci: pemahaman, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.