KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS DAN GI PADA MATERI BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SRUWENG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar yang dikenai model pembelajaran TAPPS lebih efektif daripada yang dikenai model pembelajaran GI pada materi Bangun Datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sruweng tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Sruweng yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes. Pengujian prasyarat keseimbangan menggunakan Lilliefors untuk mengujian normaltas dan Chi Kuadrat untuk pengujian homogenitas. Pengujian prasyarat hipotesis menggunakan Lilliefors untuk pengujian normalitas dan Chi Kuadrat untuk pengujian homogenitas. Uji keefektifan menggunakan uji proporsi satu pihak (kanan). Uji hipotesis menggunakan uji kesamaan dua proporsi satu pihak. Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa TAPPS lebih efektif daripada model pembelajaran GI terhadap hasil belajar matematika dalam materi Bangun Datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sruweng tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: keefektifan, Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Group Investigation (GI), hasil belajar matematika siswa
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.