HUBUNGAN FASILITAS, KEMANDIRIAN, DAN KECEMASAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN PURING TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sri Retnowati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan fasilitas, kemandirian, dan kecemasan belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP di Keca­matan Pu­ring. Sampel dari penelitian ini 128 siswa, teknik sampling yang digunakan  propotio­na­te random sampling. Teknik pe­­ngam­bilan da­ta yang diguna­kan adalah me­­to­de angket dan tes. Untuk menganalisis data digunakan korelasi dan re­gre­­si. Dari ha­­sil penelitian di­peroleh bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan: fasilitas belajar kemandirian bel­­ajar, kecemasan belajar, fasilitas belajar dan kemandirian belajar, fasilitas belajar dan ke­cemasan belajar, kemandirian belajar dan kecemasan belajar ter­­hadap prestasi bel­ajar matematika, dan terdapat hubungan yang positif tetapi tidak signifikan: fasilitas, ke­mandirian, dan kecemasan belajar terhadap prestasi belajar mate­ma­tika.

 

Kata kunci: fasilitas belajar, kemandirian belajar, kecemasan belajar, dan prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.