HUBUNGAN FASILITAS, KEMANDIRIAN, DAN KECEMASAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN PURING TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan fasilitas, kemandirian, dan kecemasan belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Puring. Sampel dari penelitian ini 128 siswa, teknik sampling yang digunakan propotionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Untuk menganalisis data digunakan korelasi dan regresi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan: fasilitas belajar kemandirian belajar, kecemasan belajar, fasilitas belajar dan kemandirian belajar, fasilitas belajar dan kecemasan belajar, kemandirian belajar dan kecemasan belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan terdapat hubungan yang positif tetapi tidak signifikan: fasilitas, kemandirian, dan kecemasan belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Kata kunci: fasilitas belajar, kemandirian belajar, kecemasan belajar, dan prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.