HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR, TINGKAH LAKU DA¬¬N LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN BAYAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Siti Khotijah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar, tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP di Keca­matan Bayan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 107 orang dengan meng­gunakan tek­­nik propotionate random sampling. Teknik pe­­ngam­bilan da­ta yang diguna­kan adalah me­­to­de angket dan tes. Data analisis mengguna­kan korelasi dan re­gre­­si. Ha­­sil penelitian me­nunjukkan bahwa tedapat hubungan positif dan signifikan antara: (1) mo­tivasi belajar ter­­hadap prestasi belajar matematika dan signifikan; (2) tingkah laku ter­hadap prestasi be­lajar matematika; (3) lingkungan ke­­luarga terhadap prestasi belajar matematika; (4) mo­­tivasi belajar dan tingkah laku terhadap prestasi belajar matematika ; (5) motivasi be­lajar dan lingkungan keluarga terhadap pres­tasi belajar ma­te­matika; (6) tingkah laku dan ling­kung­an keluarga ter­­hadap prestasi belajar matematika; (7) mo­­ti­vasi be­lajar, tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mate­ma­tika yaitu tetapi tidak sig­nifikan.

 

Kata kunci: motivasi belajar, tingkah laku, lingkungan keluarga dan prestasi  belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.