HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR, TINGKAH LAKU DA¬¬N LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN BAYAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar, tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP di Kecamatan Bayan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 107 orang dengan menggunakan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Data analisis menggunakan korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tedapat hubungan positif dan signifikan antara: (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dan signifikan; (2) tingkah laku terhadap prestasi belajar matematika; (3) lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika; (4) motivasi belajar dan tingkah laku terhadap prestasi belajar matematika ; (5) motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika; (6) tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika; (7) motivasi belajar, tingkah laku dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika yaitu tetapi tidak signifikan.
Kata kunci: motivasi belajar, tingkah laku, lingkungan keluarga dan prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3163
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.