HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA, SIKAP BELAJAR, DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN BAYAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua, sikap belajar, dan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Bayan. Sampel dalam penelitian ini 92 siswa dengan menggunakan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Data analisis menggunakan deskriptif, regresi, dan korelasi. Kesimpulan dalam penelitian ini: perhatian orang tua, sikap belajar, kemampuan verbal dan prestasi belajar matematika kurang dari 75%; dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika (2) sikap belajar terhadap prestasi belajar matematika; (3) kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika; (4) perhatian orang tua dan sikap belajar terhadap prestasi belajar matematika; (5) perhatian orang tua dan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika; (6) sikap belajar dan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika; (7) perhatian orang tua, sikap belajar, dan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika tetapi tidak signifikan.
Kata kunci: perhatian orang tua, sikap belajar, kemampuan verbal, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3162
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.