HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA, SIKAP BELAJAR, DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN BAYAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Arum Anisah Nur Rohmah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua, sikap belajar, dan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Bayan. Sam­pel dalam penelitian ini 92 siswa dengan menggunakan teknik propotionate ran­dom sampling. Teknik pe­­ngam­bilan da­ta yang diguna­kan adalah me­to­de angket dan tes. Data analisis menggunakan deskriptif, regresi, dan korelasi. Ke­simpulan da­lam penelitian ini: perhatian orang tua, sikap belajar, kemam­pu­an ver­­bal dan prestasi be­lajar matematika ku­rang dari 75%; dan ada hubungan yang po­sitif dan sig­nifikan an­ta­ra: (1) perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ma­tematika (2) si­­kap be­­­­la­jar terhadap prestasi belajar matematika; (3) kemampuan verbal ter­ha­dap prestasi be­lajar matematika; (4) perhatian orang tua dan sikap belajar ter­­hadap prestasi belajar ma­­te­ma­ti­ka; (5) perhatian orang tua dan ke­mam­pu­an verbal terhadap prestasi be­­­la­jar ma­­tematika; (6) sikap belajar dan kemam­­puan verbal ter­ha­dap prestasi belajar ma­te­ma­ti­ka; (7) perhatian orang tua, sikap bela­jar, dan kemampuan verbal terhadap prestasi be­la­­jar matematika tetapi tidak signifikan.

 

Kata kunci: perhatian orang tua, sikap belajar, kemampuan verbal, prestasi be­l­a­jar matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.