PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
multimedia dapat meningkatkan hasil belajar dalam kegiatan pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan per siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA SMA Muhammadiyah Kutoarjo tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa memanfaatkan media pembelajaran dengan menggunakan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari hasil belajar kognitif pada siklus I dengan rerata 39,25 dengan kategori 7 siswa “kurang baik”, 11 siswa “cukup baik” dan pada siklus II dengan rerata 79,25 dengan kategori 10 siswa “baik” dan 9 siswa “sangat baik”. Hasil belajar ranah afektif mengalami perubahan tingkah laku yang baik seperti siswa fokus dalam pembelajaran dan keaktifan siswa dengan 12 siswa “sangat aktif” dan 8 siswa “aktif”. Hasil belajar ranah psikomotorik adalah keahlian siswa dalam menggunakan multimedia pembelajaran secara mandiri.
Kata kunci: hasil belajar, multimedia, keaktifan
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i1.3161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.