PENGARUH PENGUASAAN BILANGAN BULAT TERHADAP PENGUASAAN FAKTORISASI BENTUK ALJABAR

Mas’ud Hidayatul Khaq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penguasaan bilangan bulat terhadap penguasaan faktorisasi bentuk aljabar. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kajoran tahun pelajaran 2011/2012, sedangkan sampelnya berjumlah 75 siswa. Teknik sampling penelitian ini simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen penelitian berupa tes objektif yang berbentuk pilihan ganda yang terdiri 40 soal dengan rincian 20 soal tentang materi bilangan bulat dan 20 soal tentang materi faktorisasi bentuk aljabar. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian diperoleh model regresi berbentuk linier dengan nilai Fhitung = 1,32 sedangkan Ftabel = 1,84. Persamaan regresi linier sederhana yang dihasilkan berbentuk Ŷ = -0,052 + 0,902X. Dari daftar Anova pada F test diperoleh nilai Fhitung = 209,336 sedangkan Ftabel = 3,98. Kriteria pengujian H0 diterima jika Fhitung > Ftabel. Karena pada penelitian ini Fhitung > Ftabel maka H0 diterima dan Ha diterima. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,741 menunjukkan besarnya pengaruh penguasaan bilangan bulat terhadap penguasaan faktorisasi bentuk aljabar adalah 74,1% sedangkan sisanya 25,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga dapat dipeoleh kesimpulan bahwa penguasaan bilangan bulat berpengaruh terhadap penguasaan faktorisasi bentuk aljabar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kajoran tahun pelajaran 2011/2012.

 

Kata kunci: bilangan bulat, faktorisasi bentuk aljabar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i1.3159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.