PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KREATIVITAS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PONCOWARNO

Desi Alfiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap  peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Poncowarno tahun pelajaran 2015/2016; dan (2) sikap kreatif matematis siswa selama dikenai model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini adalah mixed methods, dengan metode penelitian kuantitatif yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-eksperimental design bentuk One Group Pre-test Post test Design. Analisis data kualitatif yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII sedangkan Sampelnya adalah siswa kelas VII B yang kemudian diambil subjek sebanyak 6 siswa untuk mewakili wawancara berdasarkan nilai Post-test tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan stratified randem sampling. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran Treffinger dapat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir kretif matematis siswa; dan (2) tiga komponen model pembelajaran Treffinger empat sikap kreatif matematis siswa telah muncul.

 

Kata kunci: model pembelajaran Treffinger, kreativitas matematis siswa

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v22i1.3071



Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.