PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PUZZEGIPAT MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT PADA SISWA TUNA NETRA

Nur Wafirotul Laila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kondisi media pembelajaran di sekolah, 2) mengetahui tingkat kebutuhan media pembelajaran PUZZEGIPAT terhadap pembelajaran tunanetra, 3) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran PUZZEGIPAT dalam pembelajaran tunanetra, 4) mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran PUZZEGIPAT dalam pembelajaran tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yaitu mengembangkan media pembelajaran PUZZEGIPAT pada subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar validasi media, tes, dan angket. Pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah model ADDIE yang meliputi tahap: (1) Analysis, (2) Desain, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Pada saat tahap implementasi penelitian menggunakan metode  eksperimentasi desain Single Subject Reseacrh (tipe A-B-A. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa 1) sekolah penelitian belum mempunyai cukup media pembelajaran, 2) media pembelajaran PUZZEGIPAT dibutuhkan di sekolah penelitian, 3) dalam proses pengembangannya media divalidasi dan memperoleh rerata dengan skor 3,305 atau valid, dan 4) media dikatakan efektif dengan tingkat keefektifan media pembelajaran sebesar 77,08%

 

Kata kunci: pengembangan,  media pembelajaran, PUZZEGIPAT, tunanetra

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v22i1.3068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.