PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CMP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PRESTASI SISWA

Fifi Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CMP. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas VII A SMP Negeri 28 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa di kelas VII A SMP N 28 Purworejo mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan melalui  model pembelajaran CMP. Pada siklus I rata-rata persentase  kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 66,64% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 78,26% dengan kategori baik. Untuk prestasi belajar siswa mencapai nilai rata-rata 62,88 dengan ketuntasan belajar 50,00% pada siklus I menjadi 77,00 dengan kentutasan belajar 78,13% pada siklus II.

Kata kunci: komunikasi matematis, prestasi belajar, CMP

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v22i1.3063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.