EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DAN STAD TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMP N 24 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Team Quiz lebih baik daripada model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 24 Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas E sebagai kelas eksperimen dan kelas F sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan lembar observasi keaktifan yang telah memenuhi syarat validitas isi dan soal tes uraian prestasi belajar yang telah memenuhi syarat validitas butir, validitas instrumen, dan reabilitas. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas bivariat dan uji homogenitas mengggunakan metode Box M’s test pada taraf signifikansi 0.05. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t multivariat dilanjutkan uji-t univariat.
Dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Team Quiz lebih baik daripada model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions).
Kata kunci: Team Quiz, STAD, Keaktifan, Prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i2.2987
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.