PENGARUH PERSEPSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP/MTs SE-KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN

Ika Dwi Saputra; Abu Syafik

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi terhadap prestasi belajar matematika, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi terhadap prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode dokumentasi dan metode observasi. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur persepsi siswa terhadap matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwaada pengaruh persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis korelasi pada  dengan nilai koefisien korelasi sebesar robs = 0,569 > rtabel = 0,248, dan besar pengaruh  persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP/MTs se-Kecamatan Gombong tahun pelajaran 2015/2016 adalah sebesar 32,37 % ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 0,3237.

 

Kata kunci: persepsi siswa, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i2.2982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.