PENGARUH PERSEPSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP/MTs SE-KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi terhadap prestasi belajar matematika, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi terhadap prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode dokumentasi dan metode observasi. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur persepsi siswa terhadap matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwaada pengaruh persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis korelasi pada dengan nilai koefisien korelasi sebesar robs = 0,569 > rtabel = 0,248, dan besar pengaruh persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP/MTs se-Kecamatan Gombong tahun pelajaran 2015/2016 adalah sebesar 32,37 % ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 0,3237.
Kata kunci: persepsi siswa, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i2.2982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.