PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Velta Boenika Yuwono; Budiyono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kritis siswa kelas V SD dalam menyelesaikan masalah matematika pada pokok bahasan KPK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data  yaitu peneliti sendiri dengan alat bantu berupa observasi, catatan lapangan, wawancara, lembar masalah matematika. Analisis data menggunakan triangulasi metode yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari penelitiandiporoleh bahwa proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pemecahan masalah matematika tentang KPK yaitu subjek dapat mengambil keputusan sesuai dengan situasi dan kondisi masa-lah yang dihadapi yaitu dengan mengidentifikasi konsep dengan cara kelipatan. Selain itu, subjek dapat menggunakan sudut pandang lain yaitu dengan menggunakan pohon faktor. Selanjutnya, subjek dapat mengidentifikasi informasi, yaitu mengidentifikasi yang diketahui dan yang ditanyakan, subjek dapat menerapkan konsep ke dalam situasi baru dengan cara kelipatan yang dibuat dalam bentuk model matematika dan dapat menarik kesimpulan.

 

Kata kunci: penalaran, berpikir kritis, berpikir kreatif


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i1.2966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.