PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY-INQUIRY PADA SISWA KELAS X TIPTL–B SMK NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Sugiharto .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMK Negeri 1 Purworejo Kelas X Teknik Instalasi Pembangkit Tenaga Listrik-B dalam pengembangan konsep Matematika dengan menggunakan metode Discovery-Inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa Kelas X Teknik Instalasi Pembangkit Tenaga Listrik-B SMK Negeri 1 Purworejo yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Tindakan kelas yang diteliti adalah peningkatan kemandirian belajar siswa dan prestasi belajar. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode discovery-inquiry. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode discovery-inquiry pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan pada prosentase kemandirian belajar pada setiap siklus. Sebelum menggunakan metode discovery-inquiry rata-rata kemandirian belajar siswa sekitar 57,5%. Setelah menggunakan metode discovery-inquiry pada mata pelajaran Matematika rata-rata kemandirian belajar siswa menjadi 74,2 % pada siklus I dan 83,3 % pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 76 dan meningkat menjadi 90, pada siklus II.

 

Kata kunci: Kemandirian, Discovery-Inquiry


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v21i1.2964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.