PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL CLASSROOM MEETING DIKOMBINASIKAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran classroom meeting dikombinasikan make a match lebih baik daripada model pembelajaran ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas D sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemandirian dan prestasi belajar matematika. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t multivariat. Diperoleh bahwa kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran classroom meeting dikombinasikan make a match lebih baik daripada ceramah.
Kata kunci: Classroom meeting, make a match, kemandirian, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i3.2898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.