https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
EKSPERIMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA KELAS IX SMP ISLAM SUDIRMAN BRUNO TAHUN AJARAN 2015/2016 | Pujohadi | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

EKSPERIMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA KELAS IX SMP ISLAM SUDIRMAN BRUNO TAHUN AJARAN 2015/2016

Muhamad Pujohadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada menggunakan metode ekspositori pada materi statistika kelas IX SMP Islam Soedirman Bruno tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli 2015 sampai Desember 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Islam Soedirman Bruno yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik cluster random sampling. Terpilih sebagai kelas kontrol adalah siswa kelas IX A dan kelas eksperimen adalah siswa kelas IX B SMP Islam Soedirman Bruno. Pengumpelan data penelitian menggunakan metode dokumentasi dan tes. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Hasil uji normalitasitas diperoleh populasi-populasi yangberdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh populasi-populasi yang homogen,Hasil uji hipotesis diperoleh thitung=2,799. Dengan α 0,05 diperoleh nilah ttabel=1,096. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan realistik lebih baik daripada menggunakan metode ekspositori pada materi statistika kelas IX SMP Islam Soedirman Bruno tahun ajaran 2015/2016.

 

Kata kunci : Prestasi Belajar, Pendekatan Matematika Realistik,Ekspositori


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i3.2895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.