ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Susi Romadhon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kemudian mengetahui kemampuan komunikasi matematis tulis siswa kelas VIII SMP dalam materi Kubus dan Balok; dan (2) menganalisis kemudian mengetahui kemampuan komunikasi matematis lisan siswa kelas VIII SMP dalam materi Kubus dan Balok. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian fenomologi dan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.  Hasil penelitian penelitian menunjukkan  bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis subjek prestasi tinggi menempati kategori sedang karena mampu menyelesaikan soal dengan baik meskipun ada soal yang belum bisa dijawab dengan tepat terutama nomor 2. Untuk subjek prestasi sedang menempati kategori kurang karena dalam mengkomunikasikan pekerjaannya kurang lengkap. Sedangkan subjek prestasi rendah menempati kategori sedang karena belum mampu mengerjakan dengan maksimal dan hasil yang tepat terutama soal hitungan. (2) kemampuan komunikasi matematis lisan subjek prestasi tinggi menempati kategori sedang karena siswa pemalu, pendiam, dan grogi pada tes lisan. Sedangkan subjek prestasi sedang juga menempati kategori sedang karena masih kesulitan mengkomunikasikan pekerjaannya secara lisan terutama soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Untuk subjek prestasi rendah juga menempati kategori sedang karena belum bisa menjawab soal dengan tepat terutama nomor 4 tetapi soal nomor 1, 2 dan 3 mampu meskipun belum mencapai hasil maksimal.

 

Kata kunci: Komunikasi matematis, tulis, lisan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i3.2893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.