PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW PADA SISWA KELAS VII A
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 10 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif kemudian didiskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan rata-rata hasil observasi pada siklus I mencapai 70,58 dengan ketuntasan klasikalnya 21,88% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,73 dengan ketuntasan klasikalnya 87,50%. Peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dari nilai rata-rata tes pada siklus I mendapatkan 71,47 dengan ketuntasan klasikalnya 43,75% dan pada silklus II setelah diberi tindakan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,88 dengan ketuntasan klasikalnya 81,25%.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2882
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.