HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara: (1) sikap belajar terhadap prestasi belajar matematika; (2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika; (3) sikap belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Kemiri Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kemiri sebanyak 450 siswa dengan sampel sebanyak 196 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Khai Kuadrat dan uji homogenitas dengan uji.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2879
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.