HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Aryasi Ardiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hu­bu­ngan yang sig­ni­fi­­­kan an­tara: (1) sikap belajar terhadap prestasi belajar mate­ma­tika; (2) motivasi belajar ter­ha­dap prestasi belajar matematika; (3) sikap belajar dan motivasi belajar terhadap pres­tasi be­­la­­jar matematika siswa ke­las VII SMP Negeri se-Ke­ca­ma­tan Kemiri Tahun Pe­­la­­jaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kemiri sebanyak 450 siswa dengan sampel sebanyak 196 siswa. Pe­ngambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sam­pling. Teknik pengambilan da­ta yang digunakan adalah metode angket dan tes. Tek­nik analisis data menggunakan uji t. Se­bagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas de­ngan metode Khai Kua­drat dan uji homogenitas dengan uji.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.