PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII

Yunita Sari Manalu, Ely Susanti, Somakim Somakim

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskritif yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan pendekatan active learning tipe Index Card Match. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Indralaya Utara, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 20 orang. Data dalam pelaksanaan penerapannya melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan pada langkah-langkah pembelajaran matematika dengan pendekatan active learning tipe Index Card Match sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan active learning tipe Index Card Match. Berdasarkan observasi bahwa penerapan   pendekatan active learning tipe Index Card Match diperoleh presentase keterlaksaannya yaitu memperhatikan penjelasan 58,73%, terlibat aktif dalam pengambilan dan pencarian pasangan kartu indeks 96,83%, melakukan sesuatu untuk memahami materi pelajaran (membangun pemahaman) 70,63%, berkomunikasi dengan siswa/kelompok lain 62,70%, mampu membuat laporan/presentase 37,30%, berpikir reflektif 42,06%. Sedangkan presentase ketercapaian hasil belajar siswa adalah 5% kategori sangat baik, 65% kategori baik, 25% kategori cukup, dan 5% kategori kurang baik. Dengan demikian penerapan pendekatan active learning tipe Index Card Match dalam pembelajaran matematika adalah baik.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.