HUBUNGAN SIKAP BELAJAR TERHADAP KOMU¬NIKASI MATE¬MA¬¬TIS DAN PRESTASI BELAJAR MATE¬MATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KE-CA¬MA¬TAN PE¬JA¬GOAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) sikap belajar dengan prestasi belajar matematika; (2) sikap belajar dengan komunikasi matematis; (3) komunikasi matematis dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Pejagoan Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Pejagoan sebanyak 474 orang dengan sampel sebanyak 202 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji . Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Chi Kuadrat dan uji homogenitas dengan uji . Hasil analisis korelasi pada menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara: (1) sikap belajar dengan prestasi belajar matematika yaitu sebesar tetapi tidak signifikan; (2) sikap belajar dengan komunikasi matematis yaitu sebesar 0,060 tetapi tidak signifikan; (3) komunikasi matematis dengan prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,346 dan signifikan.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i1.2875
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.