HUBUNGAN SIKAP BELAJAR TERHADAP KOMU¬NIKASI MATE¬MA¬¬TIS DAN PRESTASI BELAJAR MATE¬MATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KE-CA¬MA¬TAN PE¬JA¬GOAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Irnaningsih Irnaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hu­bu­ngan yang positif dan sig­ni­fi­­­kan an­tara: (1) sikap belajar dengan prestasi belajar mate­ma­tika; (2) sikap bela­ja­r dengan komunikasi ma­tematis; (3) komunikasi ma­te­ma­­tis de­ngan prestasi be­­la­­jar matematika siswa ke­las VIII SMP Negeri se-Ke­ca­ma­tan Pejagoan Tahun Pe­­la­­jaran 2015/2016. Po­pu­lasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Pe­jagoan sebanyak 474 orang dengan sampel sebanyak 202 orang. Pe­ngambilan sampel meng­gunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan da­ta yang di­gunakan adalah metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji . Se­ba­gai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas de­ngan metode Chi Kua­drat dan uji ho­mogenitas dengan uji . Hasil analisis korelasi pada  menunjukan bahwa ter­dapat hu­bu­­ngan yang positif antara: (1) sikap belajar de­ngan prestasi belajar ma­te­ma­tika yaitu se­besar  tetapi tidak signifikan; (2) si­­kap belajar de­ngan komunikasi ma­­te­matis yaitu sebesar 0,060 tetapi tidak si­g­ni­­fikan; (3) komunikasi matematis de­ngan pres­tasi belajar matematika yaitu se­be­sar 0,346 dan signifikan.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i1.2875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.