STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DENGAN MODEL DISKUSI DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Zahrotunnihayah Zahrotunnihayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model TGT lebih baik daripada model diskusi dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII C-H SMP N 4 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain the matching static group comparison design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C-H SMP N 4 Purworejo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII E dan VIII D dengan pengambilan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang sudah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas, konsistensi internal, serta reliabilitas. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian diperoleh thitung= 1,713, dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,645. Hal ini menunjukkan thitung>ttabel, sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model TGT dapat menghasilkan kemampuan pemecahan masalah matematika yang lebih baik daripada model diskusi.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i1.2872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.