STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR ANTARA SFE DAN MODEL KONVENSIONAL PADA KUBUS DAN BALOK SMP N 39 PURWOREJO

Herly Kurniyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII dengan model SFE akan lebih baik daripada model konvensional pada pokok bahasan Kubus dan Balok  kelas VIII SMP N 39 Purworejo tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII sebanyak 60 siswa. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa diperoleh dengan mengambil dua kelas yaitu kelas VIII B berjumlah 20 siswa yang diberikan model SFE dan VIII A berjumlah 20 siswa yang diberikan model konvensional. Teknik sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi UAS I dan tes prestasi belajar yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji t. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas variansi populasi dan uji keseimbangan dilakukan sebelum diberikan perlakuan. Uji hipotesis meliputi uji normalitas, uji homogenitas variansi populasi dan uji hipotesis dilakukan setelah diberi perlakuan, sehingga prestasi belajar siswa yang dikenai model Student Facilitator and Explaining (SFE) lebih baik daripada prestasi belajar yang dikenai model konvensional pada pokok bahasan Kubus dan Balok kelas VIII SMP N 39 Purworejo.

Kata kunci : pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE), model konvensional


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i2.2769



Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.