PENERAPAN MODEL TGT BERBANTUAN APLIKASI WQC UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Muhammad Ridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika menggunakan model Teams-Games-Tournament (TGT) berbantuan aplikasi wondershare quis creator (WQC) pada siswa kelas VIII-B MTs Al-Islam Jono tahun ajaran 2014/2015. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti, lembar observasi, soal tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif secara deskriptif. Rerata persentase motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 74,39% atau berkategori motivasinya tinggi meningkat menjadi 86,62% atau berkategori motivasinya sangat tinggi pada siklus II. Sedangkan untuk rerata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 71,44 dengan persentase ketuntasan siswa 64% pada siklus I meningkat menjadi 81,12 dengan persentase ketuntasan siswa 84% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Teams-Games-Tournament (TGT) berbantuan aplikasi wondershare quis creator (WQC) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa.

 

Kata kunci: aplikasi WQC, motivasi, prestasi,  TGT


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v19i1.2752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.