PENERAPAN METODE GALLERY WALK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Ani Wiji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Gallery Walk; (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015 setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Gallery Walk; (3) dan mengetahui prestasi belajar siswa sebagai akibat dari diterapkannya metode Gallery Walk selama pelaksanaan pembelajaran serta adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi, angket, dan tes prestasi belajar. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes. Data yang diperoleh dianalisis secara persentase dan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan: (1) pembelajaran dengan menggunakan metode Gallery Walk terlaksana dengan baik dengan terlaksananya unsur-unsur terpenting dari pembelajaran dengan metode tersebut; (2) adanya peningkatan motivasi belajar siswa; (3) dan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa dimana siklus II lebih baik dibandingkan siklus sebelumnya. Kesimpulannya penerapan metode Gallery Walk dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa.

 

Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, metode Gallery Walk


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i3.2740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.