MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS TEACHER HERE
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan partisipasi siswa dan prestasi belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is Teacher Here. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi partisipasi siswa dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan partisipasi siswa. Hal ini ditunjukkan hasil observasi partisipasi siswa pada siklus I adalah siswa tertib dalam mengikuti pembelajaran, mencatat materi yang diajarkan, membawa perlengkapan sekolah yang menunjang materi yang diajarkan atau rata-rata persentase partisipasi siswa adalah 66,85%. Dan untuk siklus II adalah siswa tertib dalam mengikuti pembelajaran, mencatat materi yang diajarkan, membawa perlengkapan sekolah yang menunjang materi yang diajarkan, berani maju ke depan kelas untuk presentasi dan berani bertanya jika siswa belum paham dengan atau rata-rata persentase partisipasi siswa adalah 77,54%. Strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is Teacher Here juga meningkatkan prestasi. Hal ini ditunjukkan dari rerata nilai tes pada siklus I adalah 74,48 dan rerata nilai tes pada siklus II adalah 84,13.
Kata kunci: partisipasi, prestasi belajar, strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is Teacher Here
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v18i3.2739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.